BeritaMetro24

Berita Populer Viral Terbaru

Travel

Objek Wisata Sampuraga Si Anak Durhaka Yang Melegenda

Objek Wisata Sampuraga Si Anak Durhaka Yang Melegenda
Objek Wisata Sampuraga Si Anak Durhaka Yang Melegenda

Objek Wisata Sampuraga Yang Sangat Melegenda Menceritakan Tentang Anak Durhaka Yang Di Kutuk Oleh Ibunya Sendiri. Di Mandailing Natal, Sumatera Utara terdapat wisata kolam air panas yaitu Sampuraga. Kolam air panas ini terletak di Desa Sirambas Kecamatan Panyabungan Barat, Mandailing Natal. Lokasinya sekitar 474 km dari Kota Medan Sumut. Dari kota Medan menempuh perjalanan kurang lebih 9 jam. Suhu air kolam air panas Sampuraga berkisar antara 90-100 derajat celcius.Wisatawan pun dapat melihat air panas berbuih dengan aman dan nyaman di balik pagar yang telah dibuat oleh warga setempat. Pagar di buat untuk menghindari hal yang di takutkan seperti terjatuh ke dalam kolam air panas. 

Konon ceritanya ada legenda di balik terbentuknya kolam air panas ini. Cerita yang beredar bahwasannya Tuhan murka akibat seorang anak yang melawan kepada Ibu Kandungnya sendiri. Sampuraga sendiri adalah nama anak yang melawan dengan Ibunya tersebut. Maka dari itu kolam air panas ini di beri nama Sampuraga. Di mana Sampuraga tidak mengakui ibunya sebagai ibu kandungnya. Padahal sang ibu sudah lama di tinggal oleh ayahnya dan membesarkan seorang anak dengan sendirinya. Namun Sampuraga tega tidak mengakui ibu kandungnya sendiri.

Objek wisata ini sudah mulai di kembangkan oleh pemerintah setempat. Akses jalan menuju ke lokasi wisata ini juga tidak susah. Terdapat banyak warga memanfaatkan tempat wisata ini sebagai mata pencaharian dengan berjualan di tempat itu. Banyk juga yang menjual telur untuk bisa di rebus di kolam air panas. Akan di sediakan kayu panjang yang ujungnya di berikan plastik agar dapat menjangkau air panasnya. Karena pinggiran kolam di batasi dengan pagar besi sehingga tidak bisa terlalu dekat dengan air panasnya. Sekitar 10-15 menit telur di rendam di kolam air panas itu, telur matang dengan sempurna.

Objek Wisata Sampuraga Yang Menyimpan Cerita

Sudah di ketahui Sampuraga adalah salah satu tempat wisata kolam air panas yang terletak di Mandailing Natal Sumatera Utara. Walaupun berbentuk kolam air panas, namun tempat ini tidak di anjurkan untuk mandi di dalamnya. Karena suhu air di dalam kolam ini mencapai 90 – 100 derajat. Dengan panas seperti ini cukup bisa membakar kulit jika berendam di dalamnya. Masih banyak yang bertanya bagaimana bisa terjadinya kolam air panas ini. Dan mengapa di namakan dengan Sampuraga? Maka dari itu Objek Wisata Sampuraga Yang Menyimpan Cerita ini konon melegenda.

Bermula dengan seorang anak yang tinggal dengan ibunya dan sudah lama di tinggal oleh sang ayah. Nama anak ini Sampuraga dan konon tinggal di Padang Lawas Utara. Ibunya hanya sebagai pencari kayu bakar untuk bisa menghidupi anaknya tersebut. Karena kasihan dengan ibunya Sampuraga pun berniat ingin membantu ibunya dengan pergi merantau ke Sirambas. Dan ia pun pergi dengan meminta restu dengan ibunya. Sampainya di perantauan, Sampuraga bekerja dengan tekun dan sangat rajin dengan saudagar kaya di sana. Karena melihat kesetiaan dan cara kerja Sampuraga, sang saudagar kaya pun ingin menikahi putrinya dengan Sampuraga.

Tentu saja Sampuraga setuju karena putrinya sangat cantik. Lalu tibalah pada acara pesta pernikahannya. Namun, sang ibu yang masih di kampung halaman tidak di beritahu oleh Sampuraga. Ibu Sampuraga mengetahui kabar tersebut hanya dari sanak tetangga saja. Ibu yang sudah sangat tua dan renta mendengar berita ini tentu saja ingin menemui anak semata wayangnya tersebut. Lalu ia datang ke pesta itu dan berharap bisa bertemu dengan anaknya. Tapi sangat di sayangkan, anaknya tidak mengenali ibu kandungnya sendiri.

Dan Sampuraga tidak mengakui bahwasannya itu adalah Ibunya. Dia malu karena mempunyai ibu yang sudah tua dan terlihat sangat miskin. Dan dia juga tidak mengakui kepada istrinya bahwasannya itu adalah calon mertua dari istrinya. Sungguh sakit hati sang ibu pada saat itu.

Di Kutuknya Sampuraga Oleh Sang Ibu

Datangnya sang ibu di acara pernikahannya, membuat Sampuraga malu dengan keadaan ibunya yang sudah tua dan sangat lusuh. Sampuraga pun tega mengusir ibu yang sudah tua itu dengan membentaknya di depan semua para tamu undangan. Dengan sangat sedih sang ibu pun pergi meninggalkan pesta yang sangat meriah itu. Yang mana padahal itu adalah pesta anaknya sendiri. Kembalinya sang ibu sambil berda kepada Tuhan karena sakit hati yang sangat mendalam yang di lakukan oleh anaknya sendiri. Maka dari itu pada saat itu juga Tuhan mengabulkan doa ibunya, dan pada saat itu juga Di Kutuknya Sampuraga Oleh Sang Ibu.

Terjadilah hujan yang sangat deras dan terjadilah banjir di sekitaran tempat pesta Sampuraga. Lalu lama kelamaan tenggelamlah Sampugara dan semua orang yang ada di dalam pesta itu dan mengeluarkan uap panas. Kolam air panas inilah yang di kenal sampai sekarang dengan Sampuraga.

Kolam air panas ini sekarang di kelola oleh pemerintah daerah sebagai objek wisata. Wisatawan yang datang juga sudah banyak dari berbagai daerah. Walaupun tidak bisa berendam di dalam kolam ini, karena sudah di pagar dengan besi. Warga setempat juga menjaga kelestarian dan kebersihan di daerah tempat wisata ini. Tidak jauh dari pusat kota Mandailing Natal, akses menuju ke tempat ini cukup terbilang mudah. Walaupun sudah di pagari dengan besi, uap dari air panas kolam ini dapat di rasakan.

Wisatawan juga dapat merebus telur di dalam kolam air panas tersebut. Tidak banyak yang bisa di jelajahi di tempat ini, karena pemandangannya hanya kolam air panas yang di kelilingi oleh pagar besi. Namun cerita yang melegenda ini sudah sangat terkenal dan dapat menjadi pembelajaran untuk setiap orang yang melihatnya. Selain itu, Sampuraga sudah sebagai ikon wisata di Mandailng Natal. Para orang tua banyak yang membawa anaknya hanya untuk sebagai wisata rohani betapa tidak bolehnya melawan orang tua.

Tiket Masuk Ke Objek Wisata Sampuraga

Setelah mengetahui legenda dari Sampuraga, apakah Anda tertarik untuk datang ke tempat wisata. Informasi terkait Tiket Masuk Ke Objek Wisata Sampuraga akan di jelaskan di sini. Jika menggunakan mobil pribadi terkena tiket parkir sebesar Rp. 15.000. Dan untuk masuk per orang di kenakan biaya Rp. 5.000. Informasi ini terakhir di dapatkan pada November 2023.

Cukup terbilang ramah di kantong untuk berkunjung ke salah satu tempat wisata. Karena keamanan dan kebersihan sangat di perhatikan oleh panitia di tempat itu. Agar para wisatawan nyaman jika berkunjung ke sana. Dan para orang tua yang membawa anak kecil juga bisa di katakan aman karena di pinggiran kolam sudah di batasi dengan pagar besi setinggi pinggang orang dewasa. Ini adalah informasi dari kolam air panas Sampuraga salah satu Objek Wisata.