BeritaMetro24

Berita Populer Viral Terbaru

Health

Produk Sunscreen Yang Menjaga Kulit Dari Sinar UV

Produk Sunscreen Yang Menjaga Kulit Dari Sinar UV
Produk Sunscreen Yang Menjaga Kulit Dari Sinar UV

Produk Sunscreen Adalah Salah Satu Produk Perawatan Kulit Yang Sangat Penting Untuk Menjaga Kulit Dari Bahaya Sinar Ultraviolet (UV). Pada saat ini telah banyak formula sunscreen yang memang sangat di butuhkan setiap orang. Hal tersebut karena produk ini berfungsi sebagai pelindung kulit yang bekerja dengan menyerap serta memantulkan sinar UV. Hingga dapat mencegah kerusakan kulit yang di sebabkan oleh paparan sinar matahari berlebihan. Selain itu sinar UV sendiri memiliki dua jenis yang di ketahui sangat berbahaya untuk kulit. Ada sinar UVA yang bisa menyebabkan penuaan dini dan UVB yang bisa menyebabkan kulit terbakar serta meningkatkan risiko kanker kulit. Oleh karena itu penggunaan sunscreen sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Kemudian Produk Sunscreen yang baik biasanya memiliki kandungan SPF (Sun Protection Factor) dan PA (Protection Grade of UVA). Di sini SPF menunjukkan seberapa lama sunscreen dapat melindungi kulit dari sinar UVB. Lalu PA sendiri menunjukkan seberapa besar tingkat perlindungan terhadap sinar UVA. Oleh karena itu semakin tinggi angka SPF dan PA maka akan semakin kuat perlindungan yang di berikan. Lalu jika di gunakan untuk aktivitas sehari-hari maka sunscreen dengan SPF minimal 30 dan PA+++ adalah pilihan yang di anjurkan. Untuk bagi mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan, menggunakan sunscreen dengan SPF yang lebih tinggi adalah pilihan yang bijak.

Setelah itu cara pengaplikasian sunscreen dengan baik dan benar juga merupakan hal yang sangat penting. Sunscreen harus di gunakan secara merata di seluruh permukaan kulit yang terpapar sinar matahari, seperti wajah, leher, tangan dan kaki. Secara idealnya sunscreen di aplikasikan 15-30 menit sebelum keluar rumah dan harus di ulang setiap dua jam. Karena menggunakannya secara teratur tidak hanya menjaga kesehatan kulit tetapi juga membantu mencegah kerusakan jangka panjang yang di sebabkan oleh sinar UV.

Penemu Formula Produk Sunscreen

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas siapa sih Penemu Formula Produk Sunscreen yang menjadi penyelamat kulit saat ini. Penemuan formula produk sunscreen pertama kali di lakukan oleh seorang ahli kimia asal Austria bernama Franz Greiter pada tahun 1938. Greiter yang juga seorang pendaki gunung menyadari betapa pentingnya melindungi kulit dari sinar matahari. Hal ini terjadi ketika ia mengalami sunburn saat mendaki Piz Buin, sebuah gunung di Pegunungan Alpen Swiss. Setelah kejadian tersebut ia terinspirasi untuk mengembangkan formula yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Dari penelitiannya ia pun berhasil menciptakan produk pelindung kulit yang di kenal sebagai salah satu sunscreen modern pertama di dunia. Sampai pada akhirnya produk ini di pasarkan dengan nama “Piz Buin” sesuai dengan gunung yang menginspirasi penemuannya.

Setelah itu formula sunscreen Greiter telah menjadi dasar pengembangan lebih lanjut dalam industri perawatan kulit. Hal ini pun berlaku terutama dalam mengukur efektivitas perlindungan terhadap sinar ultraviolet (UV). Pada tahun 1962 Greiter juga memperkenalkan konsep Sun Protection Factor (SPF) yang kemudian di gunakan secara luas. Konsep ini bertujuan untuk mengukur tingkat perlindungan dari sinar UVB yang di berikan oleh produk sunscreen. Apalagi SPF memungkinkan konsumen untuk mengetahui berapa lama mereka dapat terlindungi dari paparan sinar matahari tanpa mengalami kerusakan kulit. Karena itulah inovasi ini menjadi landasan utama dalam industri sunscreen hingga saat ini.

Kemudian sejak penemuan Greiter, formula sunscreen telah berkembang pesat dengan berbagai inovasi teknologi dan bahan-bahan yang lebih aman serta ramah lingkungan. Bahkan saat ini sunscreen sangat berfungsi untuk mencegah penuaan dini, flek hitam dan risiko kanker kulit. Sehingga produknya tidak hanya di branding dengan berfungsi untuk melindungi kulit dari sunburn. Selain itu banyak perusahaan yang menciptakan produk dengan bahan alami dan lebih ramah lingkungan untuk mengurangi dampak terhadap kehidupan laut. Terutama terumbu karang yang sensitif terhadap bahan kimia tertentu dalam sunscreen.

Manfaat Menggunakan Sunscreen

Setelah mengetahui siapa penemu pertama formula sunscreen, tentunya kita pasti ingin tahu apa saja sih Manfaat Menggunakan Sunscreen. Maka itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang beberapa manfaat ketika menggunakannya. Menggunakan sunscreen secara rutin memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kulit terutama dalam melindungi dari dampak negatif sinar ultraviolet (UV) matahari. Salah satu manfaat utamanya adalah mencegah kulit terbakar (sunburn) akibat paparan sinar UVB. Ketika kulit terpapar sinar matahari tanpa perlindungan, UVB dapat menyebabkan luka bakar, kemerahan dan rasa perih. Apalagi sunscreen dengan kandungan SPF yang sesuai membantu meminimalisir kerusakan kulit agar tetap sehat.

Kemudian produk sunscreen juga berperan penting dalam mencegah penuaan dini. Paparan sinar UVA, yang menembus lapisan kulit lebih dalam dapat menyebabkan munculnya kerutan, garis halus dan perubahan warna kulit. Bahkan penggunaan sunscreen dapat memperlambat proses penuaan tersebut dengan menghalangi sinar UVA dari merusak jaringan kolagen di kulit. Sehingga akan membuat kulit tetap elastis, lebih kencang dan tampak lebih muda meskipun sering terpapar matahari.

Selanjutnya manfaat lain yang sangat penting adalah pencegahan kanker kulit. Terlalu sering terpapar sinar UV tanpa perlindungan dapat meningkatkan risiko kanker kulit terutama melanoma. Maka itu sunscreen bertindak sebagai pelindung dengan mengurangi jumlah radiasi UV yang di serap oleh kulit. Dengan pemakaian sunscreen yang konsisten maka risiko terkena kanker kulit dapat di tekan secara signifikan. Sehingga menjadikan sunscreen sebagai langkah pencegahan yang sangat penting untuk kesehatan kulit dalam jangka panjang.

Rekomendasi Sunscreen Sesuai Jenis Kulit

Memilih sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit sangat penting untuk mendapatkan perlindungan optimal dan menjaga kesehatan kulit. Maka itu kami akan membuat Rekomendasi Sunscreen Sesuai Jenis Kulit penggunanya. Bagi pemilik kulit berminyak sebaiknya memilih sunscreen berbahan dasar air atau gel yang bersifat non-komedogenik, agar tidak menyumbat pori-pori. Sunscreen dengan formula matte finish atau oil-free juga cocok untuk kulit berminyak sehingga kulit tetap terlindungi tanpa terlihat mengkilap. Beberapa merek yang di rekomendasikan untuk kulit berminyak adalah La Roche-Posay Anthelios, Neutrogena Ultra Sheer dan Biore UV Aqua Rich.

Kemudian untuk kulit kering pilihlah sunscreen yang memiliki kandungan pelembap seperti hyaluronic acid, glycerin atau ceramide. Sunscreen berbahan dasar krim atau lotion sangat cocok karena memberikan kelembapan tambahan sambil melindungi kulit dari sinar UV. Produk dengan tekstur lebih tebal dan kaya akan nutrisi sangat baik untuk menjaga kulit kering tetap terhidrasi sepanjang hari. Contohnya seperti produk CeraVe Hydrating Sunscreen atau Aveeno Positively Radiant. Lalu bagi kulit sensitif di sarankan memilih sunscreen dengan kandungan zinc oxide atau titanium dioxide yang bersifat physical sunscreen. Hal ini karena physical sunscreen di percaya lebih aman dan tidak menyebabkan iritasi. Terakhir Avene Mineral Sunscreen dan EltaMD UV Clear adalah pilihan terbaik untuk kulit sensitif yang ingin menggunakan Produk Sunscreen.