BeritaMetro24

Sebelum Menggunakan Starlink Cari Kelebihan Dan Kekurangan

Sebelum Menggunakan Starlink Cari Kelebihan Dan Kekurangan
Sebelum Menggunakan Starlink Cari Kelebihan Dan Kekurangan

Sebelum Menggunakan Starlink Lebih Baik Pertimbangkan Dulu Apa Kelebihan Dan Kekurangannya Agar Tidak Menyesal. Hidup di era digitalisasi, internet menjadi bahan pokok untuk sehari – hari. Bukan hanya untuk bekerja saja, sekarang internet mengakses segala macam transaksi. Bisa di katakan di jaman sekarang ini, hidup tanpa internet tidak bisa. Maka dari itu, dengan berkembangnya teknologi dari waktu ke waktu, perkembangan internet juga mengikuti. Semua perusahaan yang bergerak di bidang internet menawarkan kecepatan internet masing – masing. Bentuk dari internet juga sekarang juga sangat beragam. Mulai dari internet kabel dan juga internet satelit. Bagaimana tidak jika internet sangat di butuhkan jaman sekarang ini. Berbelanja saja sudah bisa dari internet. Mulai dari kebutuhan sehari – hari hingga kebutuhan yang sulit untuk di dapat. Bisa di cari semua di internet.

Untuk belajar sekarang juga bisa melalui internet. Banyak sekolah yang sudah menggunakan internet sebagai jendela untuk berinteraksi dengan sesama pelajar. Bukan untuk perguruan tinggi saja, sekarang mulai dari sekolah dasar sudah menggunakan internet untuk sekedar berinteraksi atau membuka bahan untuk di pelajari. Di sini akan di bahas tentang internet starlink. Starlink ini punya seorang pengusaha terkaya di dunia yaitu Elon Musk.

Starlink adalah layanan internet satelit yang di kembangkan oleh SpaceX, sebuah perusahaan manufaktur aerospace dan jasa transportasi ruang angkasa swasta yang di dirikan oleh Elon Musk. Teknologi ini bertujuan memberikan konektivitas internet cepat, andal, dan global, menghubungkan digital divide di Indonesia dan bagian lain dunia. Dengan Starlink, pengguna dapat menikmati akses internet cepat dan andal di mana saja dan kapan saja, tanpa perlu infrastruktur tradisional seperti kabel fiber-optik atau menara seluler. Dengan masuknya starlink ke Indonesia di harapkan warga yang menggunakan internet menjadi lebih cepat mengakses internet. Di sini akan di jelaskan apa itu kelebihan dan kekurangan dari starlink itu sendiri.

Sebelum Menggunakan Starlink Ini Kelebihannya

Starlink adalah nama jaringan satelit orbital yang pengembangannya di mulai pada tahun 2015. Satelit prototipe pertama, di luncurkan ke orbit pada tahun 2018 lalu. Sejak saat itu ribuan satelit telah di letakkan di orbit rendah Bumi. Terakhir adalah pada 21 April 2023 dengan mengirimkan 53 satelit. Internet jenis ini sudah mulai masuk ke Indonesia pada tanggal 19 Mei 2024 di Bali dan sudah di resmikan oleh pemiliknya sendiri yaitu Elon Musk. Sebelum Menggunakan Starlink Ini Kelebihannya :

1. Waktu Perpindahan Data Lebih Cepat

Menggunakan satelit LEO atau Low Earth Orbit yang berada di orbit lebih rendah di bandingkan satelit GEO atau  Geostationary Earth Orbit.  Starlink mampu mengurangi latensi secara signifikan. Latensi satelit GEO sekitar 477 milidetik, sedangkan satelit LEO Starlink hanya 27 milidetik. Hal ini memungkinkan perpindahan data yang lebih cepat, memberikan pengalaman internet yang lebih responsif.

2. Transmisi Data Cepat

Starlink menawarkan kecepatan transmisi data yang sangat puas. Pada tahap awal, kecepatan hilirnya mencapai 100 Mbps dan kecepatan hulu 20 Mbps. Uji coba menunjukkan bahwa kecepatan sebenarnya bisa mencapai 222 Mbps untuk hilir dan 24 Mbps untuk hulu, bahkan ada rencana untuk meningkatkan hingga 1 Gbps.

3. Pemasangan Terminal yang Mudah

Terminal Starlink terdiri dari antena dan router WiFi yang mudah di pasang. Dengan panduan pemasangan yang jelas dan aplikasi pendukung, proses instalasi dapat di selesaikan dalam waktu kurang dari 30 menit. Terminal ini dapat di tempatkan di permukaan datar, seperti tanah atau atap rumah.

4. Cocok untuk Daerah Terpencil

Salah satu keunggulan utama Starlink adalah kemampuannya untuk menyediakan internet di daerah terpencil tanpa bergantung pada infrastruktur kabel. Layanan ini tetap dapat berfungsi meskipun terjadi gangguan pada infrastruktur telekomunikasi fisik atau pemadaman listrik, menjadikannya solusi ideal untuk wilayah yang sulit dijangkau.

Dari kelebihan ini mungkin bisa jadi starlink sebagai pilihan untuk internet yang akan di gunakan.

Kekurangan Dari Internet Starlink

Jika sudah mengetahui kelebihan dari starlink, maka akan di bahas tentang Kekurangan Dari Starlink. Setiap kelebihan tentunya pasti ada kekurangan. Walaupun dari kelebihan tersebut sudah membuat yakin jika starlink menjadi pilihan untuk beralih dari jaringan internet lama. Berikut penjelasan dari kekurangan starlink .

1. Letak Terminal Internet Wajib Minim Halangan

Terminal Starlink harus di posisikan di area dengan pemandangan langit tanpa halangan. Perangkat ini tidak boleh di tempatkan di dekat pohon atau bangunan tinggi. Starlink bekerja paling baik jika di tempatkan di tanah terbuka atau di atas atap. Pasalnya, frekuensi jaringannya tidak akan di halangi penghalang fisik maupun gangguan cuaca.

2. Harga Lebih Mahal Dari Layanan Lain

Starlink memiliki harga berlangganan yang lebih mahal daripada penyedia layanan internet asal Indonesia. Biaya langganan provider internet lokal dengan kecepatan mencapai 250 Mbps berkisar Rp400.000 – Rp500.000 per bulan. Sementara langganan Starlink di banderol Rp750.000 per bulan.

3. Lebih Cocok Untuk Wilayah Terpencil

Starlink di ciptakan untuk menjangkau wilayah terpencil. Namun, layanan ini di kabarkan tidak cocok di pakai di daerah perkotaan karena wilayah yang padat dapat mengganggu sinyalnya.

4. Performa Tetap Bisa Menurun

Starlink menggunakan jaringan berfrekuensi tinggi sehingga performanya bisa menurun apabila nantinya mulai banyak layanan lain memanfaatkan jaringan di frekuensi sama. Berarti starlink juga dapat mengalami gangguan dalam beroperasi.

Dari penjelasan kekurangan dari internet starlink, Anda bisa mempertimbangkan pilihan jika beralih ke internet ini. Walaupun dari kekurangan ini performa internet masih sangat bisa di gunakan dengan baik. Kekurangan yang di hasilkan juga tidak terlalu membuat penggunanya mengalami kerugian yang sangat signifikan. Starlink tetao bisa menjadi pilihan yang tepat untuk di gunakan.

Cara Kerja Starlink

Starlink sudah masuk ke Indonesia merupakan sebuah pencapaian. Karena di harapkan membantu performa kecepatan internet. Namun, bagaimana Cara Kerja Starlink? Berikut penjelasannya :

Jaringan satelit starlink terdiri dari ribuan satelit kecil yang berada di orbit Bumi sekitar 550 kilometer. Satelit-satelit ini di rancang untuk berkomunikasi dengan satu sama lain dan dengan stasiun tanah, memungkinkan transmisi data yang lancar.Kemudian stasiun tanah yang strategis terletak di sekitar dunia untuk menerima dan mengirim data ke dan dari satelit. Stasiun-stasiun ini di lengkapi dengan teknologi maju untuk memastikan pengolahan data yang efisien dan transmisi. Lalu,perangkat pengguna seperti terminal starlink, di rancang untuk berkomunikasi dengan satelit dan stasiun tanah. Perangkat-perangkat ini kompak, mudah digunakan, dan mudah di instal, membuatnya aksesibel untuk jangkauan pengguna yang luas.

Dari penjelasan cara kerja starlink, bisa di simpulkan bahwa internet jenis ini di kategorikan mudah di jangkau. Karena dari fasilitas yang di tawarkan ini termasuk gampang. Dan bisa juga menjadi pertimbangan Anda Sebelum Menggunakan.

Exit mobile version