BeritaMetro24

Saus Mayones Menjadi Pilihan Favorit Untuk Hidangan

Saus Mayones Menjadi Pilihan Favorit Untuk Hidangan
Saus Mayones Menjadi Pilihan Favorit Untuk Hidangan

Saus Mayones Saat Ini Telah Menjadi Pilihan Favorit Banyak Orang Untuk Berbagai Hidangan Karena Rasanya Yang Lembut Dan Fleksibilitasnya. Komposisi saus ini terbuat dari bahan dasar telur, minyak dan cuka atau jus lemon. Sehingga Saus Mayones di katakan memberikan keseimbangan rasa asam dan gurih yang cocok di padukan dengan berbagai makanan. Selain itu saus ini juga sering di gunakan sebagai pelengkap untuk sandwich, burger dan salad. Yang di mana bertujuan untuk memberikan kelembutan dan kelezatan pada setiap suapan. Bahkan saat ini banyak restoran yang menggunakan mayones sebagai dasar untuk menciptakan saus khas mereka. Terutama untuk menambah cita rasa unik pada setiap hidangan makanan mereka.

Lalu selain populer dalam makanan cepat saji dan sandwich, mayones juga sering menjadi pilihan dalam kuliner rumah tangga. Banyak ibu rumah tangga atau koki rumahan yang memanfaatkannya untuk membuat saus cocolan. Bahkan juga bisa di gunakan sebagai bahan campuran dalam salad dan olahan makanan laut. Hal ini karena mayones memiliki kemampuan untuk menyatukan bahan-bahan yang berbeda. Baik itu daging, sayuran maupun bahan kering sehingga menghasilkan rasa yang lebih kaya dan tekstur yang lebih lembut. Contohnya salad kentang dan coleslaw sangat bergantung pada saus mayones untuk memberikan cita rasa khas dan tekstur creamy.

Sehingga saat ini saus mayones tidak hanya menjadi pelengkap namun juga dapat di modifikasi sesuai selera. Beberapa varian seperti mayones pedas, mayones rendah kalori atau mayones berbahan dasar sayuran telah di kembangkan untuk menjawab kebutuhan konsumen yang semakin bervariasi. Maka itu dengan banyaknya pilihan dan kepraktisannya di katakan bahwa saus mayones tetap menjadi favorit di meja makan. Mulai dari sebagai hidangan sehari-hari hingga sebagai pelengkap makanan khusus di berbagai kesempatan.

Pencipta Saus Mayones

Di tengah maraknya pecinta saus mayones pasti banyak orang yang penasaran siapa sih Pencipta Saus Mayones yang enak ini. Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan mengupas siapa orang yang pertama kali menciptakan saus mayones. Saus mayones di yakini pertama kali di ciptakan pada tahun 1756 oleh koki asal Prancis bernama Jean-Louis Françoise de Villiers. Ia menciptakan saus ini untuk menghormati kemenangan Duke of Richelieu dalam merebut kembali wilayah Mahón di Pulau Minorca dari Spanyol. Pada awalnya saus tersebut di beri nama “Mahónnaise” sebagai bentuk penghormatan terhadap kota Mahón, yang menjadi simbol kemenangan. Dan dari sinilah nama saus tersebut berkembang menjadi “mayonnaise” dan mulai populer di kalangan masyarakat Prancis.

Setelah itu mayones mulai menjadi terkenal di Eropa dan secara bertahap menyebar ke seluruh dunia. Pada abad ke-19 mayones mulai masuk ke dapur-dapur Eropa sebagai bahan dasar saus yang di padukan dengan berbagai hidangan. Terutama dalam berbagai hidangan makanan laut dan daging. Kemudian keunikan dari mayones sendiri adalah karena terbuat dari campuran bahan sederhana. Contohnya seperti minyak, kuning telur dan cuka atau jus lemon yang ketika di kocok menghasilkan emulsi lembut dengan rasa yang kaya. Sehingga hal inilah menarik perhatian banyak koki saat itu yang kemudian mulai mengadaptasi resep mayones sesuai dengan preferensi kuliner lokal.

Lalu pada abad ke-20 mayones menjadi lebih umum di Amerika Serikat terutama setelah perusahaan Hellmann’s mulai memproduksi mayones secara massal. Produk mayones botolan ini pun kian memungkinkan konsumen untuk menggunakannya dengan mudah di rumah. Sehingga akhirnya popularitas saus mayones menjadi sangat melonjak di kalangan masyarakat. Saat ini mayones telah di nyatakan menjadi salah satu saus paling serbaguna di dunia yang di gunakan dalam berbagai hidangan. Sehingga keberhasilan saus ini tidak lepas dari sejarah panjang inovasi kuliner dan adaptasi selera di berbagai negara.

Rasa Otentik Mayones

Mayones di kenal dengan rasa otentiknya yang creamy, lembut dan juga sedikit asam. Campuran sederhana dari minyak, kuning telur dan cuka atau jus lemon lah yang menciptakan rasa dasar yang kaya dan gurih. Rasa asam yang berasal dari cuka atau lemon memberikan keseimbangan yang pas dengan lemak dari minyak. Sehingga rasa tersebut menghasilkan sensasi creamy yang memuaskan di lidah. Apalagi Rasa Otentik Mayones dalam setiap gigitan mampu memperkaya cita rasa makanan lain tanpa mendominasi.

Kemudian rasa mayones juga bervariasi tergantung pada jenis minyak yang di gunakan. Seperti minyak zaitun yang memberikan sentuhan rasa yang lebih tajam dan khas sementara minyak sayur memberikan rasa yang lebih netral. Bahan-bahan tambahan seperti mustard, bawang putih atau lada hitam juga dapat memberikan dimensi rasa yang lebih kompleks. Namun pada intinya rasa otentik mayones tetap mengedepankan perpaduan antara lembutnya lemak dan keasaman yang segar. Sehingga hal inilah yang membuatnya sangat cocok di gunakan sebagai pelengkap untuk berbagai hidangan mulai dari salad hingga sandwich.

Selain itu tekstur halus mayones menambah pengalaman sensori yang memanjakan. Saat di santap, mayones memberikan sensasi lembut yang melapisi lidah dan membuat rasa makanan yang di sandingkan dengannya menjadi lebih menyatu. Rasa otentik ini membuat mayones menjadi saus yang sangat fleksibel. Dalam berbagai masakan dari berbagai belahan dunia, mayones seringkali menjadi bahan dasar untuk saus lain. Atau bahkan hanya sekedar di padukan dengan bahan tambahan lainnya. Inilah yang membuktikan bahwa rasa otentik mayones tetap relevan dan di sukai dalam berbagai variasi hidangan, baik modern maupun tradisional.

Resep Saus Mayones Rumahan

Untuk membuat Resep Saus Mayones Rumahan tentunya ada caranya, mari simak pembahasan kali ini. Membuat saus mayones rumahan sangat mudah dan hanya memerlukan beberapa bahan dasar yang sederhana. Untuk membuatnya hanya memerlukan kuning telur, minyak sayur, mustard, cuka atau jus lemon, garam dan lada. Pertama-tama siapkan mangkuk besar dan campurkan kuning telur dengan satu sendok teh mustard. Setelah itu aduk dengan whisk hingga bahan tercampur rata. Selanjutnya silahkan tambahkan jus lemon atau cuka sedikit demi sedikit agar rasanya asam segar.

Setelah itu tambahkan minyak sayur secara perlahan sambil terus di aduk karena hal ini adalah bagian penting dalam membuat mayones. Alasannya adalah pengadukan terus-menerus akan membantu membentuk emulsi yang menggabungkan minyak dengan bahan lainnya. Lalu pastikan untuk menuangkan minyak secara bertahap agar saus menjadi lebih kental dan halus. Jika adonan mulai terlihat terlalu tebal bisa menambahkan sedikit air atau cuka untuk menyesuaikan konsistensinya.

Kemudian setelah tercampur sempurna dan mencapai kekentalan yang di inginkan tambahkan garam dan lada sesuai selera. Kamu juga bisa menambahkan bahan lain seperti bawang putih cincang atau herba untuk memberi sentuhan rasa berbeda. Sehingga saus mayones buatan rumah ini tidak hanya segar tetapi juga bebas bahan pengawet. Bahkan akan lebih sehat dan dapat di simpan di lemari es selama beberapa hari ketika ingin mengkonsumsi Saus Mayones.

Exit mobile version