BeritaMetro24

Roti Tawar Menjadi Pilihan Sehat Untuk Sarapan

Roti Tawar Menjadi Pilihan Sehat Untuk Sarapan
Roti Tawar Menjadi Pilihan Sehat Untuk Sarapan

Roti Tawar Merupakan Salah Satu Pilihan Menu Sarapan Yang Dapat Di Katakan Praktis Dan Sehat Bagi Banyak Orang. Menu sarapan ini di katakan sehat karena termasuk makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi inilah yang membuat roti tawar dapat memberikan energi yang di butuhkan untuk memulai aktivitas sehari-hari. Selain itu roti tawar juga dapat dengan mudah di kombinasikan dengan berbagai jenis makanan pendamping. Contohnya adalah bisa di makan menggunakan selai, telur, sayuran dan keju. Maka itu hal inilah yang menjadikan Roti Tawar fleksibel dan mudah di sesuaikan dengan preferensi rasa setiap orang.

Kemudian jika di lihat dari sisi nutrisi, dapat di katakan bahwa roti ini di perkaya dengan serat dan juga vitamin B. Selain dua kandungan tersebut roti ini juga mengandung mineral penting seperti zat besi dan kalsium. Serat di dalamnya terutama jika menggunakan varian gandum utuh sangat baik untuk pencernaan dan dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Oleh karena itu memilih roti tawar dengan kandungan gandum utuh tentunya bisa menjadi pilihan yang lebih sehat. Apalagi jika di bandingkan dengan roti putih biasa yang telah mengalami banyak proses pengolahan dan kehilangan nutrisi penting.

Selanjutnya mengkonsumsi roti tawar juga cocok bagi mereka yang ingin menjaga pola makan sehat. Hal ini karena roti ini dapat di konsumsi dalam porsi yang terkontrol. Apalagi roti ini terbukti bisa menjadi pilihan yang ringan namun mengenyangkan. Sehingga sangat membuatnya ideal untuk sarapan cepat di pagi hari yang sibuk. Lalu agar lebih seimbang, roti kosong ini dapat di kombinasikan dengan sumber protein dan lemak sehat seperti alpukat atau kacang-kacangan. Maka itu sarapan dengan roti yang di kombinasikan dengan nutrisi lainnya dapat membantu menjaga tingkat energi dan fokus sepanjang hari.

Cara Membuat Roti Tawar

Setelah mengetahui sedikit informasi tentang kandungan sehatnya, pasti kita ingin sekali mengetahui bagaimana cara membuatnya. Maka dari itu pada pembahasan kali ini akan kami bahas bagaimana Cara Membuat Roti Tawar di rumah. Untuk membuat roti ini di rumah sebenarnya cukup sederhana dan tidak memerlukan banyak bahan. Karena bahan-bahan utama yang di butuhkan adalah tepung terigu, ragi instan, gula, garam, air hangat dan mentega atau margarin. Lalu setelah semua bahannya terkumpul maka langkah pertama dalam membuatnya adalah mencampurkan beberapa bahan.

Kita dapat memulainya dengan mencampurkan tepung terigu, gula, garam dan ragi instan dalam satu wadah besar. Setelah bahan-bahan kering tercampur maka tambahkan air hangat secara bertahap sambil di aduk. Aduklah hingga adonan mulai terbentuk kemudian tambahkan mentega atau margarin ke dalam adonan dan uleni hingga kalis. Proses pengulenan di sini merupakan langkah penting dalam membuat roti yang empuk. Maka dari itu uleni adonan selama 10-15 menit sampai teksturnya halus dan elastis. Setelah itu kamu dapat membiarkan adonan mengembang dalam wadah yang di tutup dengan kain lembab atau plastik wrap. Biarkanlah adonan selama kurang lebih satu jam atau hingga adonan mengembang dua kali lipat. S

Selanjutnya setelah adonan mengembang maka tekan-tekan untuk mengeluarkan udara lalu bentuk adonan sesuai ukuran loyang yang di gunakan. Lalu langkah terakhir setelah adonannya jadi adalah memanggang roti tawar. Siapkan loyang yang sudah di olesi sedikit minyak atau mentega kemudian masukkan adonan yang sudah di bentuk. Setelah itu kamu dapat biarkan adonan mengembang kembali selama 30 menit. Panaskan oven pada suhu 180°C lalu panggang roti selama 25-30 menit hingga bagian atasnya berwarna keemasan. Setelah matang kamu dapat mengeluarkan roti dari oven dan biarkan dingin sejenak sebelum di iris dan di sajikan. Maka roti buatan sendiri ini akan terasa lembut dan harum serta siap di santap dengan selai, mentega atau isian favorit lainnya.

Cara Penyajiannya

Setelah membuat roti tawar tentunya kita akan menyajikannya untuk segera di nikmati ketika sarapan bukan?. Maka dari itu kami akan membahas sedikit tentang beberapa Cara Penyajiannya untuk di konsumsi. Penyajian roti ini bisa di lakukan dengan berbagai cara, tergantung pada selera dan preferensi. Salah satu cara paling sederhana adalah dengan mengoleskan mentega, margarin ataupun selai dan madu di permukaannya. Cara penyajian ini merupakan cara yang sangat cocok untuk sarapan yang praktis dan cepat. Apalagi sarapan roti dengan olesan ini dapat di nikmati bersama secangkir teh atau kopi hangat. Sehingga akan menjadikannya pilihan ringan namun mengenyangkan untuk memulai hari.

Selain itu roti ini juga bisa di jadikan sebagai roti panggang (toast) dengan topping yang lebih beragam. Kamu bisa memanggang roti ini hingga berwarna kecoklatan lalu menambahkan keju, telur mata sapi atau irisan alpukat di atasnya. Kombinasi ini akan memberikan rasa gurih dan lezat yang cocok untuk sarapan atau camilan sore. Jadi bagi yang menyukai rasa manis maka roti yang di panggang dengan sedikit gula dan kayu manis bisa menjadi pilihan yang berbeda namun tetap nikmat.

Kemudian jika ingin lebih kreatif kamu dapat menggunakan roti ini untuk membuat sandwich atau roti lapis. Irisan roti tawar bisa di isi dengan berbagai bahan seperti daging, sayuran segar, keju dan saus mayones. Sandwich ini bisa di sajikan sebagai makan siang yang praktis atau bekal untuk bepergian. Karena penyajian dengan bahan-bahan yang segar dan bergizi membuat roti tawar enak dan menambah asupan nutrisi yang di butuhkan tubuh. Bahkan fleksibilitas roti tawar dalam berbagai penyajian juga menjadikannya makanan yang serbaguna dan di sukai oleh banyak orang.

Jenis Roti Tawar

Roti tawar memiliki berbagai jenis yang dapat di bedakan berdasarkan bahan dasar dan proses pembuatannya. Salah satu jenis yang paling umum adalah roti tawar putih yang terbuat dari tepung terigu putih yang telah di proses. Roti ini memiliki tekstur lembut dan rasa netral yang sering di gunakan untuk sandwich atau roti bakar. Selain itu ada juga roti tawar gandum yang menggunakan tepung gandum utuh sebagai bahan utama. Roti gandum ini lebih kaya serat dan nutrisi yang menjadikannya pilihan lebih sehat untuk mereka yang menginginkan asupan serat lebih tinggi.

Selanjutnya Jenis Roti Tawar lainnya adalah multigrain yang di buat dengan campuran berbagai biji-bijian seperti gandum, jagung dan oat. Jenis ini memiliki tekstur yang lebih kasar dan rasa yang lebih kompleks karena kandungan biji-bijian yang beragam. Bahkan roti multigrain biasanya di pilih oleh mereka yang mencari variasi dan manfaat kesehatan lebih. Contohnya seperti asupan vitamin dan mineral dari biji-bijian. Dengan begitu setiap jenis ini dapat di sesuaikan dengan preferensi diet dan cita rasa. Termasuk dengan memberikan variasi yang lebih luas dalam konsumsi harian Roti Tawar.

Exit mobile version